Sabtu, 23 Februari 2013

KELEBIHAN & KEKURANGAN “BING” BESERTA FITUR FITURNYA

Diposting oleh A3DONE1 GROUP di 04.27
Search engine atau yang lebih di kenal dengan mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari merupakan sebuah database yang memuat item item yang terdapat di internet dan halamn halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item item tersebut.

Salah satu contoh dari search engine adalah “BING”. Kali ini saya akan membahas tentang “BING”

            BING diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni. menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. 
Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
1.   Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2.   Images untuk pencarian gambar.
3.   News untuk pencarian berita.
4.   xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Bing diharapkan dapat mampu menjadi mesin pencari yang paling dapat diandalkan dalam mencari beragam informasi, sehingga dapat menggeser dominasi Google Search. Harapan tersebut diwujudkan melalui fitur-fitur yang dibangun dalam Bing. 
Beberapa fitur yang menjadikan Bing diprediksikan mampu menggeser keberadaan Google search, antara lain :
1.       Best Match
Fitur ini mampu menampilkan hasil pencarian yang relevan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Link yang paling relevan akan ditampilkan pada bagian atas daftar atau list hail pencarian. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang sesuai disertai pula dengan link situs yang mirip.

2.       Interface Features
Fitur Interface ini menampilkan gambar background yang akan terus mengalami perubahan setiap harinya. Gambar yang ditampilkan ini merupakan gambar yang unik dari seluruh dunia. Gambar background yang ditampilkan ini juga dilengkapi dengan informasi berkenaan dengan gambar tersebut. Gambar background pada mesin pencari ini bersifat fleksibel, artinya dapat diaktifkan dan dinon-aktifkan. Pada interface hasil pencarian, menampilkan bagian hasil panel navigasi pada sidebar kiri, dan preview di sisi kanan hasil pencarian yang berhubungan (Related Searches).

3.       Media Features
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari gambar-gambar dan video yang diinginkan. Halaman hasil pencarian ini akan menampilkan seluruh hasil pencarian dalam bentuk thumbnail dalam satu halaman, sehingga pengguna tidak perlu beralih ke halaman-halaman berikutnya yang membutuhkan waktu cukup lama. Untuk memainkan video tersebut, pengguna tidak perlu mengklik thumbnailvideo, tetapi hanya cukup mengarahkan kursor mouse pada thumbnail video saja.

4.       Instant Answer
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat. Bing juga dapat berfungsi sebagai kalkulatoryang berfungsi sebagai mesin penghitung. Fitur ini pun juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui harga saham, harga tiket pesawat, jadwal penerbangan, pengiriman barang melalui kapal oleh perusahaan tertentu, informasi lalu lintas, review restoran, kamus, dan sebagainya.

5.       Bing Maps
Fitur Maps dalam Bing merupakan virtual earth, artinya fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengetahui lokasi berbagai daerah dari berbagai negara di dunia. Selain itu, fitur ini juga dapat berfungsi sebagai petunjuk jalan ketika sedang melakukan perjalan ke luar kota maupun ke luar negeri.

6.       Bing Travel
Fitur ini menampilkan rencana anggaran untuk melakukan perjalanan mulai dari transportasi, hotel, sewa mobil, dan lain sebagainya.

Kelebihan Search Engine Bing :

a.     Mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban
b.     Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
c.      Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
d.     Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
e.      Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir. 


Kekurangan search engine bing
:
a.     Tidak dapat berhitung layaknya search engine yang lain
b.     Fiturnya tidak lengkap.
c.      Bing.com kurang di minati oleh pengguna
d.     Bing.com kurang cepat dalam pencariannya


Source:

Desi Syahbaniar_9_9F






0 komentar:

Posting Komentar

 

~A3DONE1 Blog~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea